pakdesungsung

writing in my adventures and opinion

Dom dan Kenapa “Pakde”

Rasanya sulit untuk dibiarkan berlalu begitu saja, tanpa diabadikan. Beberapa hal yang terjadi belakangan membuat pakde terdorong untuk nulis.

Oya banyak ya yang mampir ke blog pakde :). Terima kasih sudah mampir, tapi maaf pakde masih belum pinter ngelola blog. Jadi ya masih seadanya gini. Dimaklumin ya…

Lanjoot. Teringat pertanyaan kawan di kelas beberapa hari lalu, “kenapa sih musti make embel-embel nama pakde? Bukankah sebutan pakde itu lebih cocok untuk orang yang lebih tua (baca: dewasa) dari usiamu sekarang?”. Oleh karenanya pakde perlu menceritakan kepada sahabat-sahabat pakde bahwa pada awalnya pakde menggunakan nama ini (pakdesungsung) karena masih sedikit ulasan dan tulisan-tulisan “senior” pakde di tempat pakde bekerja tentang prosedur dan ketentuan pelayanan yang berlaku di institusi pakde. Masyarakat masih banyak yang awam, buktinya teman-teman pakde sendiri di satu naungan kementerian banyak yang ga tau ketentuan di institusi pakde. Sehingga pakde tergerak untuk menulis, memposisikan diri sebagai sosok yang lebih dewasa dengan niat supaya lebih pede saat berhadapan dengan orang-orang yang lebih senior dari pakde, khususnya di dunia tulis. Walaupun pada akhirnya ada perasaan menyesal juga, kenapa kok tidak menggunakan nama lain yang lebih mudah diterima. Hehe. Tapi ya sudah, karena sudah telanjur ya diterusin aja.

Baiklah. Pakde sebelumnya ingin memperkenalkan salah satu sahabat pakde. Namanya domdom. (Punya blog juga sih dia). Dia sangat spesial tapi pakde belum pernah memberinya apresiasi atau menulis sesuatu tentangnya. Ya, insyaAllah dia arah dan tujuan pakde sekarang.

Pakde punya beberapa hal yang sangat berkesan, tapi tidak semua akan pakde ceritakan. Sebagian sengaja pakde simpan biar kami berdua saja yang tahu.

Beberapa hari lalu adalah hari spesial. Pakde ajak dom jalan, nonton, makan, dan mengacaukan diet yang lagi dia jalani. (Dia lagi sedih banget liat timbangan hari ini). Tapi ya sudah, nasi sudah menjadi “sesuatu yang lain”. Hehe. Sebelumnya dom berhasil banget ngasih kejutan dan banyak pemberian yang selalu dom kirimin ke kos pakde. Mungkin kalo ibu kos tau semua kirimannya akan geleng-geleng. Ada yang dikirm pake ojek online, ada yang dikirim sebagai paket. Terakhir dia kirimin sandal dan set tupperware. Dia tau aja yang pakde butuh. Dan tau banget kalo pakde jarang beli-beli sesuatu. Pakde bingung gimana balasnya, tapi pasti nanti ada waktunya dom.. Pakde seneng tapi malu juga sih sebenernya dibeliin gini.

Dom selalu ngawasin pakde. Makanan, istirahat, dan banyak hal lain yang selalu dom perhatikan. Luar biasa pakde bersyukur karena sudah kenal dom. Tapi dom sering sedih, banyak kejadian belakangan yang membuat beberapa rencana pakde dan dom harus lebih disesuaikan. Pakde sering sedih kalo keinget dom. Tapi ga banyak yang bisa pakde lakukan.

Dengan menulisnya mudah-mudahan bisa membantu pakde mengurangi uneg-uneg.

Pakde mau cerita dikit tentang hari ini ya sebagai selingan. Sebuah kabar simpang siur lagi ramai dibicarakan teman-teman pakde di kelas dan beberapa grup chat. Sebagian tampak asik kasak kusuk, nyari informasi terbaru untuk lebih meyakinkan datangnya “sesuatu”. Ada yang biasa aja mengikuti. Ada yang menyikapinya dengan guyonan. Ada yang sudah merencakan banyak hal, termasuk pakde. Eh tiba-tiba muncul “mr. X” yang mengacaukan dunia persilatan :d. Aksi ga beretikanya bikin dia kena hukum dari pimpinan dan bikin seantero jagad persilatan jadi degdeg ser nunggu perkembangan berikutnya. Ya sudah lah, pokonya apapun yang nanti terjadi pakde mau fokus sama beberapa kegiatan dan dom.

Oya pakde ini orang yang labil ya. Tugas kuliah lumayan banyak, ada bisnis juga. Sering bingung atur kegiatan dan mood. Kadang pengennya ngerjain yang ga banyak gerak dulu seperti nulis gini. (Pakde lama ga nulis karena ga selesai-selesai T.T). Kadang pengennya bersih-bersih, atau main dan gangguin dom yang lagi kerja bengkel. Ga fokusnya tuh pakde bingung mau ngerjain yang mana dulu, karena capek bingung trus milih tidur. Ga dikerjain semua deh.

Berlanjut ke hal selanjutnya, pakde dapet kabar dari tetangga rumah tentang rumah pakde. Pakde nyicil beli rumah kecil trus pakde sewain. Ternyata ada sedikit masalah yang butuh perencanaan budget. Ini pakde simpen dulu aja lah ya. Ga usah diceritain banyak.

Lanjot lagi ke dom. Pakde harus bisa ngecilin perut buat dom. Ini perut tambah gede aja kaya lagi hamil T.T. Waktu ketemu ibu sampe ditanya “itu perut kenapa buncit amat?!”. Beberapa tetangga juga bilang gitu. Ya ampun, musti lepas bemper nih. Walaupun dom seneng perut pakde buncit, sebisa mungkin mau tetep pakde kurangin. Paling ga biar ga tambah buncit T.T.

Sementara ini dulu ya dom. Selanjutnya dom akan pakde tulis jadi selingan tulisan pakde, insyaAllah.